Woow Keren Hutan Mangrove Kulonprogo Tempat Selfie Bagi Yang Lagi Kasmaran

Post On: 26 May 2017
May 26, 2017

Woow Keren Hutan Mangrove Kulonprogo Tempat Selfie Bagi Yang Lagi Kasmaran

Satu lagi obyek wisata alam yang populer hadir di Propinsi Yogyakarta. Wisata hutan mangrove yang ada di wilayah Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Tempat Istimewa Yogyakarta yang akhir-akhir ramai dikunjungi pelancong.

Image by travel.kompas.com

Foto-foto obyek liburan ini dapat dengan mudah kita temui di pelbagai media sosial, mulai dari facebook, instagram, sampai path.

Di kawasan hutan mangrove yang memrentang di aliran Sungai Bogowonto, dan si kecil Sungai Bogowonto tersebut tak cuma ada satu spot tamasya, melainkan terdapat sebagian, dan satu di antaranya ialah Tamasya Alam Hutan Mangrove Jembatan Api-Api.

“Di lokasi ini ada empat obyek liburan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat, dan Liburan Alam Hutan Mangrove Jembatan Api-Api yang masuk kawasan dusun Pasir Mendit ini merupakan satu di antaranya” ujar Purwosarjono (65), satu di antara pengelola objek tamasya ini.

Jembatan api-api yang dipakai obyek wisata ini mengacu pada macam mangrove yang ada di kawasan tersebut yakni avicennia germinans atau yang diketahui dengan tipe api-api, dan sebuah jembatan yang melintang di anak Sungai Bogowonto.

Bambu
Jembatan yang dibangun dari bambu tersebutlah yang menjadi cikal bakal wilayah ini menjadi obyek tamasya yang hits. “Mulanya jembatan hal yang demikian dipakai oleh masyarakat untuk berkesibukan pergi ke pantai. Selain itu jembatan juga diterapkan oleh para pemancing yang datang dari luar tempat sini” ujar Purwosarjono.

Seiring berjalannya waktu, banyak pengunjung yang datang ke kawasan hal yang demikian untuk foto-foto di kawasan hutan mangrove, terlebih di atas jembatan. Salah satu hal yang paling menarik di lokasi ini ialah tersedianya sejumlah spot foto yang begitu menarik. Menurut Purwosarjono, setidaknya ada 10 titik foto dengan konsep yang berbeda-beda.

Kecuali jembatan yang menjadi ikon utama, jembatan melingkar berbentuk hati yakni titik favorit pengunjung untuk foto-foto. Ada juga titik pigura percintaan, yang dibangun menerapkan kayu dan berlatar hutan mangrove. Ada juga titik foto yang dilengkapi gitar raksasa dan berlatar hutan mangrove.

image by kompas.com

Wisatawan juga dapat menikmati ademnya berada di tengah tanaman mangrove api, karena pengelola sudah menyediakan trek pejalan kaki yang terbuat dari kayu.

Pondokan
Di tengah rimbunnya mangrove juga terdapat pondokan sederhana yang bisa diterapkan untuk bersantai. “Bagi pengunjung yang berkeinginan berkeliling hutan mangrove, dapat juga menaiki perahu dengan biaya Rp 5.000 tiap-tiap orangnya” ungkap Purwosarjono.

Tokopedia

image by kompas.com

Untuk masuk kawasan tamasya yang tiap-tiap harinya dibuka dari jam 06.00 sampai 19.00 hal yang demikian pengunjung dikenakan biaya Rp 4.000 per orang. Demi kenyamanan pengunjung sejumlah fasilitas seperti kamar kecil, dan musala telah disediakan pengelola.
Sumber : travel.kompas.com 

Tags:

Related to Woow Keren Hutan Mangrove Kulonprogo Tempat Selfie Bagi Yang Lagi Kasmaran