Cerita Mistis Dibalik Pesona Destinasi Wisata di Pati, Berani Berkunjung dan Uji Nyali Kesana?

Destinasi Wisata di Pati Jawa Tengah sebenarnya juga banyak cuman belum dioptimalkan pemerintah daerah setempat. Berikut beberapa Destinasi Wisata yang berbau mistis yang layak kunjungi bagi penyuka tantangan:

Goa Pancur Pati,Destinasi Wisata Pati Jawa Tengah

Misteri gedung Bakorwil Pati

Alamat Badan Koordinasi Wilayah I (Bakorwil I) Pati Berada di Jl. P. Sudirman No. 52 Pati.

Gedung Bakorwil Pati,Destinasi Wisata Pati Jawa Tengah

Rumah Bakorwil Pati Jawa Tengah adalah salah satu tempat mistis di kota seribu paranormal ini.

Disana cerita mistisnya tiba-tiba gong bergerak dan berbunyi sendiri. Menurut Kang Soleh Pati, di situ terdapat jin penabuh gamelan dan sinden yang tengah pentas secara gaib. Selain itu, Misteri gedung Bakorwil Pati terkuak, karena pohon beringin yang usianya ratusan tahun tersebut adalah pintu kerajaan gaib yang tunggu oleh seekor naga yang turut menjaga wilayah Kabupaten Pati. Di bagian atas pohon terdapat semacam kera atau kingkong besar lengkap dengan gada yang juga menjaga pintu kerajaan gaib. Di sana, penampakan yang sering muncul adalah noni-noni Belanda karena rumah Bakorwil ini dulu dijadikan tempat Belanda sekaligus tahanan bagi para pribumi.

Gua Pancur

Gua Pancur merupakan salah satu Destinasi Wisata yang berlokasi di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Obyek wisata Goa Pancur juga menyimpan cerita, sejarah, misteri, mitos dan legenda yang mendalam bagi warga setempat. Dalam perjalanannya, kawasan tersebut disulap menjadi objeki wisata di Pati selatan yang mempesona, indah dan istimewa.

Goa Pancur,Destinasi Wisata Pati Jawa Tengah

gambar by tipswisatamurah.com

Gua Pancur tidak lepas dari cerita mistis dan legenda yang dimitoskan hingga tembus Pantai Selatan. Misteri itu belum terungkap, hingga akhirnya bisa diungkap pada zaman modern belakangan ini.  Cerita mistis disana, bahwa jalan setapak di perut bumi Goa Pancur tidak sampai ke Pantai Selatan di Yogyakarta. Namun, kedalamannya bisa mencapai 8,27 km. Mitos yang menjadi legenda bertahun-tahun akhirnya terpatahkan. Namun, sejumlah kalangan meyakini, gua pancur yang tembus ke Pantai Selatan Yogyakarta itu bukan fisik, tetapi tembus ke dunia gaib. Lagi-lagi, cerita mistis itu belum dibuktikan secara empiris apakah alam gaib di kawasan goa pancur tembus hingga Laut Selatan atau tidak.

Situs Gunung Patiayam

Situs Purbakala Patiayam merupakan situs purba di Pegunungan Patiayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Gunung Patiayam Berada di lereng Pegunungan Muria yang legendanya menjadi tempat persembunyian Baron Sekeber. Baron Sekeber Merupakan sosok legenda yang belum bisa dipastikan fakta keberadaannya. Dikatakan ia adalah seorang berkebangsaan Spanyol atau Belanda yang terdampar di Pati.

Situs Gunung Patiayam,Destinasi Wisata Pati

gambar by daerah.sindonews.com

Situs gunung patiayam yang secara administrasi wilayah berada di Kabupaten Kudus tidak lepas dari cerita, sejarah, misteri, dan legenda masyarakat Pati yang dikenal sebagai tempat persembunyian Baron Sekeber. Kisah ini tertulis dalam babad Pati,

Di Sana, ada semacam pusaka yang ada di dalam gua Serta di sekitar situs Gunung Patiayam BeraurA negatif, meski ada beberapa yang positif. Di Sana juga dikenal sebagai tempat para lelembut, jin, atau makhluk gaib. Lokasi Destinasi Wisata Gunung Patiayam berada di lereng pegunungan Muria yang letaknya berbatasan antara Kabupaten Pati dan Kudus.

Sumber : Segalainfo.com dan berberita.com