Woooow Indah banget Pesona Telaga Warna Dieng, Wonosobo : antara Keindahan dan Mitos

Jawa Tengah juga memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik dibanding Bali / Jogja. Jawa Tengah memiliki keindahan alam yang mempesona ditambah budaya yang beragam. Mulai wisata alam, wisata religi, wisata budaya, belanja dan kuliner semua ada di Jawa Tengah. Telaga Warna Dieng merupakan salah satu spot wisata yang indah di Jawa Tengah. Telaga Warna Dieng terletak di di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

image by ariuchtar

image by nisrinanurra

Nama Telaga Warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di Telaga Warna Dieng, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air Telaga Warna Dieng mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga tampak berwarna warni.

image by esteranaaa

image by ayusetiya_ningrum

Konon menurut mitos warga sekitar, dulu ada seorang bangsawan yang cincinnya jatuh ke telaga ini. Sehingga telaga ini dapat berubah-ubah warnanya sedemikian cantiknya. Namun menurut para peneliti, fenomena seperti ini berasal ketika cahaya memantul dengan endapan belerang yang terdapat di dasar telaga yang pada akhirnya menghasilkan warna-warni yang cantik.

image by hunt.dhp

image by amink_nda

Akses menuju ke Telaga Warna Dieng dapat ditempuh dari pusat Kota Wonosobo dengan menggunakan kendaraan umum dari terminal Kota Wonosobo, dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer, atau selama 45 menit sampai 1 jam. Tetapi jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam keadaan baik. Hal ini disebabkan oleh medan jalan yang dilewati cukup berliku dan menanjak. Selain itu, di kanan dan kiri jalan berbatasan langsung dengan jurang yang cukup dalam.

image by tatichristien

referensi: id.wikipedia.org