Jangan Ngaku Pendaki kalo belum ke Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo merupakan gunung yang paling terkenal sebagai obyek wisata di Indonesia. Gunung Bromo menawarkan berbagai keindahan alam dan pemandangan sunrise dan sunset yang sangat cantik. Gunung Bromo berada di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

image by midfiani

image by jonahgoh

Gunung Bromo mempunyai ketinggian2.329meter di atas permukaan laut. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo tergolong dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

image by moly_sassymoly

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

 

image by thetrigedakru

Perjalanan melalui pintu barat dari arah pasuruan yaitu masuk dari desa Tosari untuk menuju ke pusat objek wisata Gunung Bromo ( lautan pasir )terbilang berat karena medan yang harus ditempuh tak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 biasa ini dikarenakan jalan turunan dari penanjakan kearah lautan pasir sangatlah curam, kecuali kita menyewa mobil jeep yang disediakan oleh pengelola wisata, jadi wisatawan banyak yang berjalan kaki untuk menuju ke pusat lokasi Gunung Bromo.

 

 

image by nusa7tour

image by atime_ago

Lautan pasir dikenal sebagai andalan wisata dari gunung Bromo, di alam pegunungan yang sejuk, kita bisa melihat padang pasir dan rerumputan yang luas. Sedangkan yang paling dinantikan dari gunung bromo merupakan sightview saat matahari terbit dan terbenam karena memang akan kelihatan sangat jelas dan indah sekali. Meski perjalanan ke Bromo sangat berdebu, tetapi tidak terasa, lantaran keindahan yang disuguhkan betul-betul tidak biasa.

referensi: id.wikipedia.org