Keren! Coban Tundo Air Terjun 3 Tingkat yang Wajib Dikunjungi

Malang menjadi hits dikalangan travelers karena memiliki banyak tempat wisata yang keren dan beragam. Travelers bisa memilih tempat wisata di Malang sesuai dengan keinginan dan budget mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, wisata kuliner & shopping, wisata adventure semua ada. Coban Tundo merupakan salah satu spot wisata indah di Malang tepatnya di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan atau tepatnya berjarak sekitar kurang lebih 60.2 Km dari pusat Kota Malang.

image by didin_emelu

image by shobecks

Air terjun cantik Coban Tundo 3 Malang di ujung timur Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini memang mempunyai tiga taraf yang unik. Di level satu Coban Tundo 3 Malang sebenarnya ada 2 tingkatan jalur air lengkap dengan kolam penampungan. Tetapi karena salah satunya relatif kecil dan jaraknya nyaris menyatu, dianggap 1 air terjun. Bagian tertingginya kurang lebih 10 meter, air tidak jatuh secara langsung, melainkan merembet melalui tebing batu. Lebih mirip talang air yang bercabang dua , serta mempunyai kolam kecil yang dangkal di celah bebatuan.

image by yusufalbast

image by zaqyiqbl_

Di level 2 Coban Tundo 3 Malang yang menjadi spot utama tujuan wisatawan maupun pengunjung sekitar untuk berkumpul. Menikmati gagahnya air terjun setinggi lima belas meter dengan kolam hijau-kebiruan yang cukup luas. Terdapat sebongkah batu tidak kecil di sisi dalam kolam. Travelers sering menjadikannya tempat berfoto maupun titik untuk melompat.

image by arif_angky

image by z4nif

Untuk mencapai tingkat tiga Coban Tundo tiga Malang, travelers mesti melewati jalan di sisi kiri level 2. Tidak sampai lima menit. Lokasinya cukup luas, termasuk bagian kolamnya yang sedalam 2-3 meter ini. Mirip di satu bak mandi dari batu raksasa dengan naungan sebuah pohon beringin yang akar-akarnya memberi pola unik di bebatuan. Air terjun setinggi sekitar delapan meter mengisi kolam melewati ceruk bebatuan.

image by arokii

referensi: halomalang.com