Sumur Misterius Ala Probolinggo: Destinasi Wisata Anda!!!

Ada lubang mirip sumur yang berada di tengah sungai Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. masyarakat setempat bertanya-tanya: lubang apakah itu?Apakah memang begitu kenyataan sebenarnya? Yuk, simak uraiannya:

sumur misterius di probolinggo jawa timur, destinasi wisata

Peninggalan Belanda pada tahun 1800an
Ketika menjajah kala itu, mereka membina saluran irigasi besar-besaran pada tahun 1800an, bertujuan pasti tak beda untuk fasilitas bersama.

Digunakan sebagai sarana pembuangan dan jalur irigasi
Saluran irigasi ini dinamakan Lubang Air (Spillway) atau Sipon (Syphon). Metode ini digunakan supaya mencegah air sungai dapat meluap serta menolong proses irigasi tanpa mesti bersusah payah menggunakan pompa.

Image result for sumur misterius probolinggo

Gambar by. phinemo.com

Tidak berhubungan denganĀ  mistis
Ada yang bilang andai sumur tersebut dijadikan tempat pengasingan dan pembantaian dulunya, atau aliran airnya selesai di laut selatan.Kenyataannya, sumur drainase air ini tidak terdapat kaitan apa-apa dengan urusan berbau klenik, sebab memang tidak seram seperti komentar semua warganet.

Direncanakan sebagaiĀ  destinasi wisata baru Probolinggo
Setelah viral di facebook, tidak sedikit orang yang hendak melihat sumur ini secara langsung dan berselfie ria. Respon mereka tentunya takjub dan memandang urusan itu unik. Salah satu pengunjung bahkan bilang bakal lebih estetis jika sumur itu dijadikan sebagai objek destinasi wisata baru Probolinggo.

Image result for sumur misterius probolinggo

Gambar by. travelingyuk.com

sumber by. liputan6.com & boombastis.com