Ada Surga Tersembunyi di Air Terjun Tiu Kelep, Lombok yang Alami dan Menakjubkan

Air Terjun Tiu Kelep merupakan destinasi wisata di Lombok yang wajib travelers kunjunggi karena memiliki keindahan alam yang menawan dan masih alami. Air Terjun Tiu Kelep yang terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut memiliki ketinggian air terjun 30 meter ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun di kaki Gunung Rinjani.

image by beybeefeel

image by nicemuccini

Air Terjun Tiu Kelep memiliki debit airnya cukup berat dan besar dengan kolam yang terbentuk di bawahnya, yaitu sedalam pinggang orang dewasa. Juga bagian bawah kolam yang empuk dan rata memungkinkan pengunjung untuk berenang tapi banyak batu berlumut sebelum sampai ke titik itu. Menurut mitos yang beredar di Air Terjun Tiu Kelep akan membuat awet muda bila berendam disana.

image by dospina_

image by _yulimaulidia

Air Terjun Tiu Kelep terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan sumber airnya berasal dari Danau Segara Anak di puncak gunung Rinjani, airnya keras dan tidak baik diminum.

image by zetty_hotfm

Rute menuju Air Terjun Tiu Kelep dengan menyusuri jalan yang kasar dan berbatu, menembus hutan, naik turun ke beberapa bebatuan besar dan batang pohon, terkadang harus melangkah ke arus yang mengalir cepat tidak lebih dari setinggi lutut namun bebatuannya sangat licin.

image by kapunkt20

image by s.arah34

Air terjun Tiu Kelep memiliki udara alami yang begitu indah, mungkin karena letaknya yang jauh di dalam hutan, pengunjung diberi sensasi menjadi satu dengan alam dan berjalan menuju air terjun memiliki tambahan katup pohon rindang, suara merdu, Udara segar dan air mengalir indah terciprat tanpa lelah melalui bebatuan besar.

image by asyrawiruslan

Sumber: travbuddy.com

Leave a Reply