Lagi Bokek Pengen Liburan!!!! Jangan Risau Baca Tips Berikut….

Pengen liburan akhir taun tapi budget lagi kurang! Banyaknya kebutuhan hidup dan akhir tahun merupakan high season menjadikan biaya liburan jadi meningkat. Tingginya biaya liburan bisa travelers siasati dengan perencanaan yang matang sebelum berangkat plesiran.

image by pixabay.com

Liburan akhir tahun bersama keluarga atau teman bisa menghilangkan stress akibat rutinitas dan membuat tubuh lebih relax.

Berikut beberapa tips agar travelers bisa melakukan liburan meski lagi bokek:
# Cari tujuan liburan yang Murah dan lama liburan
Melakukan liburan bukan harus ke tempat yang mahal dan jauh. Mencari tempat liburan yang murah merupakan hal pertama untuk menghemat biaya liburan. Carilah tempat wisata yang biaya masuknya murah dan jarak tempuh ke lokasi tidak terlalu jauh. Jarak tempuh akan mempengaruhi biaya liburan, travelers bisa menyewa mobil dengan teman-teman agar menghemat biaya atau naik kereta api atau kalo mau murah lagi bisa membawa motor sendiri sekaligus touring.

Setelah mencari dan memilih mau ke mana dan naik apa, travelers juga perlu memikirkan berapa lama mau menginap agar bisa merencanakan biaya dan kegiatan yang akan dilakukan.

# Ajak Keluarga atau Teman-teman
Liburan rame-rame akan membuat liburan lebih seru, menyenangkan dan lebih hemat. Sebagai contoh jika travelers liburan dengan menyewa mobil seharga 400 ribu, kalo berempat travelers hanya mengeluarkan biaya 100 ribu.

# Merencanakan Liburan dari jauh-jauh hari
Rencanakan liburan travelers jauh-jauh hari agar lebih hemat dan banyak pilihan. Liburan dadakan akan membuat biaya membengkak dan timbul pengeluaran tak terduga. Mengingat semakin dekat dengan hari liburan mencari tiket perjalanan akan semakin susah dan mahal,untuk urusan transportasi, sebaiknya travelers pesan tiket jauh-jauh hari mungkin agar peluang untuk mendapatkan harga terbaik semakin besar.

# Cari Tempat Menginap Termurah dan Nyaman
Perlu travelers tahu bahwa biaya menginap dan transportasi adalah 2 hal yang menguras sebagian besar budget liburan apalagi pas musim liburan semua biaya naik. Sangat disarankan untuk mencari penginapan yang murah dan nyaman. Kalau travelers punya temen atau kenalan didekat tempat wisata bisa dimanfaatkan untuk menginap.

Tetapi kalau tidak punya kawan, travelers bisa mencari penginapan murah seperti homestay/hostel dengan harga antara Rp150-400 ribuan per malamnya. Jangan malas untuk browsing dan bertanya rekomendasi penginapan bagus dan murah ke temen-temen travelers. Siapa tahu travelers bisa mendapatkan harga murah dengan fasilitas bagus.

# Buat budget awal untuk beli oleh-oleh
Membeli oleh-oleh bisa jadi biaya tak terduga yang membuat pengeluaran travelers jadi membengkak selama liburan karena tidak direncanakan diawal. Buatlah budget khusus buat membeli oleh-oleh diawal agar bisa mengontrol budget liburan. Searching cinderamata khas tujuan wisata yang dikunjungi agar bisa memilih dan menghemat biaya.

referensi: travel.idntimes.com

Leave a Reply