Wooww Indahnya Alam PELALAWAN , RIAU yang dikunjungi

Pelalawan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang memiliki pemandangan alam menawan dan sejarah.

Provinsi Riau merupakan salah satu Propinsi terkaya Indonesia karena kelimpahan sumber daya alam, sehingga yang merupakan pusat ekonomi pulau Sumatera. Pelalawan mencakup berbagai kondisi geografis: hutan lebat, luas perkebunan, dataran rawa gambut, dan aluvial Sungai. Keindahan alam Pelalawan cukup untuk menarik wisatawan, terutama bagi petualang sejati. Dengan keindahan dan pesona baik darat dan laut, dari Sungai Kampar ke Selat Malaka, Pelalawan merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Cara Menuju ke Pelalawan, Riau
Untuk sampai ke Pelalawan, salah satu lewat Pekanbaru, Riau. Bandara SSK II International melayani penerbangan internasional dari Singapura dan Kuala Lumpur, penerbangan lokal dari Dumai, Rengat dan Tanjung Pinang, dan dalam negeri, dari Jakarta, Padang, Medan dan Batam.

Dari Pekanbaru, Anda dapat menyewa mobil untuk mengantar Anda ke Pangkalan Kerinci, ibukota Pelalawan. Jaraknya sekitar 70 km, atau 1,5 jam berkendara.

Berikut destinasi utama di Pelalawan, Riau:

Taman Nasional Tesso Nilo
Taman Nasional Tesso Nilo merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Pelalawan, Riau yang wajib dikunjungi. Taman Nasional Tesso Nilo terkenal memiliki banyak spesies hayati yang cukup beragam baik flora maupun fauna. Dari hasil penelitian tahun 2001 oleh Andi gilison bahwa Taman Nasional Tesso Nilo memiliki 218 jenis tumbuhan Vascular ( berpembuluh) tiap 200 M². Taman Nasional Tesso Nilo merupakan kawasan hutan yang memiliki tingkat keanekaragaman tumbuhan tertinggi di bandingkan dengan hutan daratan rendah lainnya di dunia.

Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan
Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Pelalawan, Riau yang wajib dikunjungi. Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan telah diexplore dan diexpose oleh salah satu televisi terkenal swasta nasional. Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan memiliki kearifan lokal yang sampai sekarang tetap terjaga. Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan juga memiliki fauna yang khas. Seperti namanya Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan berada di Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Untuk sampai ke Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan ini menggunakan jalur air dengan menyusuri Sungai Kerumutan.

Taman Publik Kreatif
Taman Publik Kreatif merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Pelalawan, Riau yang wajib dikunjungi. Taman Publik Kreatif berada di depan kantor bupati Kabupaten Pelalawan. Taman Publik Kreatif diperuntukkan sebagai Ruang Terbuka Hiijau. Di Taman Publik Kreatif terdapat bangunan Gazebo dan taman bunga.

Ombak Bono
Ombak Bono merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Pelalawan, Riau yang wajib dikunjungi. Ombak Bono Pelalawan merupakan fenomena alam berupa gelombang air sungai kampar yang biasa dipakai buat selancar/surfing. Ombak Bono Pelalawan sekarang jadi destinasi wisata yang hits Kabupaten Pelalawan. Ombak bono sering digunakan sebagai tempat pemecahan rekor dunia berselancar terlama. Ombak Bono Pelalawan sering mendapatkan penghargaan dari kementrian pariwisata sebagai tempat berselancar terfavorit. Ombak Bono Pelalawan terjadi di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Istana Sayap Pelalawan
Istana Sayap Pelalawan merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Pelalawan, Riau yang wajib dikunjungi. Istana Sayap Pelalawan merupakan bangunan indah dan bersejarah peninggalan Kerajaan Pelalawan yang berada di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan. Bangunan Istana Sayap Pelalawan terdiri dari Bangunan Utama dan dua bangunan lain di samping kanan dan kiri sehingga menyerupai sayap. Pada awalnya pusat kerajaan Pelalawan berada di Sungai Rasau (anak sungai Kampar), berlokasi di Kota Jauh dan Kota Dekat.

Danau Kajuit
Danau Kajuit merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Pelalawan, Riau yang wajib dikunjungi. Danau Kajuit Pelalawan berlokasi di kecamatan Langgam dekat dengan Masji Raya Langgam. Sebutan Danau Kajuit Pelalawan cukup beragam ada yang menyebut danau kaduik, tajwid, kajuit. Danau Kajuit Pelalawan dikelilingi hutan alam yang indah dengan pohon-pohon yang berusia puluhan tahun. Danau Kajuit Pelalawan masih baru dibuka untuk umum dan menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pelalawan.

Danau Wisata Betung
Danau Wisata Betung merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Pelalawan, Riau yang wajib dikunjungi. Danau Wisata Betung, Pelalawan berlokasi di desa Betung kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Danau Wisata Betung, Pelalawan terletak di pusat budaya melayu petalangan. Keunikan dari Danau Wisata Betung, Pelalawan karena terdapat bangunan ditengah danau.

sumber: http://www.indonesia.travel/en/destination/area/pelalawan dan http://www.hipwee.com/list/7-tempat-wisata-kabupaten-pelalawan-yang-harus-masuk-list-tempat-liburanmu/

Leave a Reply