Air Terjun Kedung Petut: Air Terjun Dua Warna yang Makin Hits

Kulon Progo baru-baru ini menjadi destinasi wisata baru di Jogja. Kulon Progo banyak menawarkan tempat selfie yang keren dan panorama alam yang indah. Air Terjun Kedung Petut salah satu spot wisata yang lagi hits di Kulon Progo, Jogja.

image by fendys7

Air Terjun Kedung Petut berlokasi di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Keindahan alam di Air Terjun Kedung Petut yang terus terjaga membuat habitat di sekitarnya merasa aman serta terjaga. Berbagai spesies asli di alam sekitar Air Terjun Kedung Petut juga mudah ditemui, mulai dari burung, capung, hingga kupu-kupu.

image by eko_locked

image by joeluluk

Air Terjun Kedung Pedut atau biasa disebut Curug Kedung Pedut[1]berasal dari istilah bahasa Jawa. Curug yang berarti air terjun, kedung berarti kubangan atau kolam, dan pedut berarti kabut. Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam yang di Kulonprogo yang dikenal karena keindahan warna airnya.

image by anjueka_ss

image by hanifslfdn_

Warna air yang sangat cantik terdiri dari dua komponen warna yaitu putih jernih dan hijau. Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping Air Terjun Kedung Petut, sedangkan warna hijau tosca terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai yang terpancar sinar matahari. Rute menuju tempat wisata ini tidak sulit, karena hal tersebut dan pemandangan yang sangat asri di kawasan wisata Air Terjun Kedung Petut cukup banyak menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Di samping Air Terjun Kedung Petut juga terdapat beberapa tempat istirahat untuk para wisatawan yang terbuat dari bambu sehingga menambah kesan alami dari Air Terjun Kedung Petut.

image by nianovep

image by eunikemeysuto

Referensi: id.wikipedia.org