Daftar Lengkap Tempat Beli Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Murah Meriah

Liburan ke Yogyakarta rasanya tak lengkap tanpa berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Yogyakarta memiliki kuliner yang enak dan kesenian serta kerajinan tangan yang khas. Banyak pilihan tempat belanja oleh-oleh di Jogja.

Travelers bisa melakukan banyak hal menarik ketika sedang berada di Yogyakarta? Mulai dari mencicipi kuliner dan jajanan khas Jogja, mengunjungi kraton Jogja, Wisata Alam, berwisata mistis dengan mengunjungi tempat-tempat angker di Jogjakarta, sampai dengan belanja oleh-oleh khas Jogja. Di Jogja ada banyak pasar atau pusat perbelanjaan murah yang bisa memuaskan para shopaholic.

Bakpia dan Batik merupakan salah satu oleh oleh khas Jogja yang kerap dibeli oleh para travelers. Hampir setiap pusat oleh oleh di Jogja menyediakan Bakpia(cemilan yang gurih dan manis) tersebut.

Berikut Daftar Lengkap Tempat Beli Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Murah Meriah:

Jalan Malioboro
Dari Stasiun Tugu sampai seberang Pasar Beringharjo, sepanjang jalan ini dipenuhi oleh jejeran toko, pusat perbelanjaan, sampai pedagang yang berjualan di emperan. Barang yang dijajakan di Jalan Malioboro pun sangat beragam, mulai dari batik, kaos, aksesoris, sampai tukang tato temporer. Menyusuri emperan toko di Jalan Malioboro untuk mencari oleh-oleh atau sekadar cuci mata bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan.

image by evitanms

image by titianggara01

Mirota Batik
Alamat: jalan Jenderal Ahmad Yani No.9, Gondomanan.
Buka: 08.00 – 21.00 WIB
Di Mirota Batik travelers bisa merasakan sensasi belanja kerajinan & batik seperti sedang berwisata. Di bagian depan Mirota Batik terdapat banyak pedagang pengrajin batik, dan makanan yang berjualan. Sedangkan di dalamnya bukan hanya berjualan batik dan kerajinan tangan, tapi juga berjualan masker, jamu, dan ramuan tradisional.

image by yuliepermatasari

Pasar Beringharjo
Masih berada di kawasan Malioboro, terdapat pasar yang telah berdiri selama berabad-abad, yaitu Pasar Beringharjo. Hampir semua barang terdapat di Pasar Beringharjo, mulai dari berbagai aneka batik, jajanan pasar, souvenir, barang antik, hingga lukisan kanvas. Semua barang yang dijual di Pasar Beringharjo pun terbilang ramah kantong.

Bakpia Pathok 145
Di Bakpia Pathok 145 kamu bisa menemukan aneka bakpia dengan varian rasa yang bervariasi seperti kumbu hitam, kacang hijau, susu, coklat, keju dan lain sebagainya. Selain menjual bakpia toko ini juga menjual berbagai makanan khas Jogja lainya. Bakpia Pathok 145 terletak di jl. Kusumanegara nomor 151 dan buka dari jam 07.30 hingga 20.30.

image by kiosjajananjogja

Kasongan
Di Kasongan, Anda dapat menemukan guci, patung ukiran, hiasan dinding, dan berbagai jenis pajangan lain dengan model yang sangat unik. Kasongan berada di Desa Bangunjiwo, Kecamata Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Tak hanya sekedar berbelanja kerajinan gerabah dan keramik, di Kasongan kita juga bisa melihat proses pembuatan barang-barang hasil kerajinan gerabah dan keramik. Harga kerajinan yang dijual di Kasongan juga lebih murah dibanding yang dijual di galeri seni yang ada di pusat kota. Bahkan, kita bisa menawar harga barang yang dijual di sini apabila membeli dalam jumlah banyak.

Pasar Klithikan
Pasar Klithikan yang terletak di Pakuncen, Wirobrajan, ini adalah hasil relokasi. Dulunya Pasar Klithikan adalah pasar tumpah yang buka tiap malam di Jalan Mangkubumi. Di Pasar Klithikan kamu bisa menemukan beragam barang-barang bekas dan baru, seperti onderdil dan aksesoris kendaraan bermotor, barang-barang antik nan jadul, pakaian, serta ponsel baru dan bekas, mulai dari yang keluaran terbaru sampai yang lawas. Kalau kamu penggemar motor tua, pasti suka berburu onderdil antik di Pasar Klithikan.

Gudeg Kaleng Mbak Yayah
Alamat: jalan Monjali No. 20, Nandan.
Gudeg Kaleng Mbak Yayah yang rasanya nggak kalah enak dari gudeg yang dimasak pada umumnya. Apalagi mengandung bahan-bahan lengkap seperti gori (nangka muda), krecek (krupuk kulit sapi), sambal goreng tempe, telur itik, daging ayam kampung, kacang tolo, areh, dan cabai.

Pasar Seni Gabusan
Di Pasar Seni Gabusan, travelers bisa membeli bermacam-macam barang seni dan juga kerajinan khas Yogyakarta, mulai dari kerajinan gerabah, logam, hingga bambu. Semua barang yang dijual di Pasar Seni Gabusan telah dikelompokan berdasarkan blok dan losnya sehingga travelers tak perlu bingung mencari barang kerajinan yang diinginkan.

Yangko Pak Prapto
Berlokasi di jalan pramuka nomor 82, buka dari jam 8 pagi hingga 7 malam. Yangko yang dijual disini juga memiliki beragam rasa seperti rasa coklat, jeruk, nangka, durian dan lain lainya. Harga 1 kotak yangko yang berisi 30 butir adalah sekitar Rp 30 ribuan, cukup hemat di kantong.

Manding
Manding merupakan pusat kerajinan kulit di daerah selatan Yogyakarta. Selain wisata belanja, kamu juga bisa mengintip proses pengolahan dan pembuatan produk berbahan kulit yang dilakukan oleh pengrajin. karena selain lebih murah, mutu kerajinan kulit Manding juga gak kalah sama yang bermerk. Desa wisata kerajinan kulit Manding yang terletak di Jalan Parangtritis KM 11, Bantul.

Monggo Shop
Alamat: jalan Tirtodipuran, Mantrijeron. Buka: 08.00 – 22.00. Cokelat Monggo berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan kertas daur ulang untuk cokelatnya. Travelers bisa langsung mencicipi lezatnya cokelat Monggo dan nongkrong di sana sambil menikmati menu lezat dari Lotus Mio Cafe.

Pasar Tumpah UGM
Barang-barang yang dijual di Pasar Tumpah UGM antara lain adalah pakaian, barang-barang kerajinan batik, tas, sepatu, dan berbagai kebutuhan rumah tangga. Tak hanya sebatas berbelanja, di Pasar Tumpah UGM kita juga bisa sarapan dengan mencoba makanan-makanan yang dijual di sini. Pasar yang memiliki nama beken “SunMor” alias Sunday Morning ini hanya buka setiap hari Minggu pada pukul 05:00 – 12:00.

Baca Spot Wisata Keren Lainnya di Jogja :

Desa Wisata Krebet
Di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, warganya gak menggunakan media kain untuk membatik, melainkan memakai kayu. Tapi, justru di situ daya tariknya, batik yang digambar di atas kayu oleh pengrajin menghasilkan beragam produk yang unik.

Pusat Kerajinan Perak Kotagede
Di Pusat Kerajinan Perak Kotagede kita bisa mendapatkan berbagai kerajinan perak yang sudah dibentuk dengan harga murah. Perhiasan dari perak di Pusat Kerajinan Perak Kotagede hadir dalam bentuk yang bervariasi, mulai dari sekedar cincin, kalung, dan gelang, sampai ada juga patung, miniatur, dan wayang.

Sentra kerajinan keris Desa Banyusumurup, Imogiri, Bantul
Perajin keris di desa Banyusumurup ini memproduksi bilah keris koden atau keris yang berfungsi sebagai hiasan serta aksesorisnya, seperti warangka (sarung) dan gagangnya. Seni kerajinan keris ini diturunkan oleh Empu Djiwo Diharjo, pemilik sanggar penempa keris yang mendapatkan ilmu turun temurun dari ayahnya. Dari tangan Mbah Djiwo inilah tercipta keris pusaka yang terkenal di kalangan bangsawan dan petinggi dari dalam dan luar negeri.

Sumber: hipwee.com , pegipegi.com , panorama-jtb.com , ngetripyuk.id , bacaterus.com