Ini Cerita Sejarah Kursi Rotan dan Bung Karno di Stasiun Tugu Yogyakarta

Sebagai generasi penerus kita harus tahu sejarah bangsa kita agar kita dapat menghargai jasa para pahlawan. Bagi travelers yang sering ke Jogja buat liburan, jangan lupa untuk melihat bukti sejarah di Stasiun Tugu Yogyakarta. Dikutip dari travel.detik. com, terdapat bangku rotan yang dipajang di Stasiun Tugu Yogyakarta yang dulunya Bung Karno pernah duduk di sana.

image by travel.detik.com

Baca Spot Wisata Keren Lainnya di Jogja :

Selain kursi rotan yang di pajang di Stasiun Tugu Yogyakarta dengan diberi pengaman di sekelilingnya, terdapat juga ilustrasi gambar dan kliping koran yang menceritakan fenomena pada saat itu. Stasiun Tugu Yogyakarta merupakan stasiun utama yang menjadi favorit travelers. Selain itu Stasiun Tugu Yogyakarta juga menyimpan cerita bersejarah tentang pelarian Presiden Sukarno pada masa perjuangan melawan penjajah. Kursi rotan yang berada di stasiun ini adalah saksi bisu sejarah itu.

image by travel.detik.com

Di Stasiun Tugu Yogyakarta terdapat tidak sedikit fasilitas diantaranya restoran, ATM, mushola dan tentu saja toilet. Diantara ruang tunggu dan kedatangan, travelers bakal mendapati sebuah plang besar bergambar pria berpakaian adat jawa khas dengan blankonnya dan disampingnya terdapat tulisan ‘sugeng rawuh wonten ing ngayogyakarta yang artinya selamat datang di Yogyakarta.

Berjalan ke bagian belakang Stasiun Tugu Yogyakarta anda bakal menemukan sebuah kursi rotan, menurut sejarahnya Presiden Sukarno pernah duduk di kursi ini. Sesudah Bangsa Indonesia merdeka, pada masa transisi Gonjang-ganjing masih terjadi di mana-mana. petinggi-petinggi negeri ini menjadi incaran Belanda dan sekutu. Perihal ini yang menjadi alasan Presiden Sukarno dan Bung Hatta mesti mengungsi.

Baca Spot Wisata Keren Lainnya di Jogja :

Tepat pada 3 Januari 1946, Presiden Sukarno dan Muhammad Hatta melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta dengan menggunakan rangkaian kereta eksklusif yang disiapkan oleh pimpinan kereta api di Jakarta. Perihal ini dilakukan supaya Presiden Sukarno bisa mengelak dari kejaran Belanda yang ingin membunuhnya. Setibanya di Stasiun Tugu Yogyakarta konon Presiden Sukarno sempat duduk dan istirahat di kursi rotan yang kini menjadi spot favorit berfoto di stasiun ini.

sumber: travel.detik.com

Leave a Reply