Woow Keren banget Sunset di Candi Istana Ratu Boko Jogja

Kraton Ratu Boko merupakan salah satu candi indah yang berada di Yogyakarta selain candi prambanan. Pemerintah pusat saat ini memasukkan kompleks Situs Ratu Boko/Candi Ratu Boko Jogja ke dalam otorita khusus, bersama-sama dengan pengelolaan Candi Borobudur dan Candi Prambanan ke dalam 1 BUMN yang bernama PT Taman Wisata Candi, sesudah kedua candi terakhir ini dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Sebagai konsekuensinya, Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko ditata ulang pada sejumlah tempat untuk mampu dijadikan tempat pendidikan dan kegiatan adat istiadat.

image by johanarif_

image by ramadhaniabella

Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko terdapat bangunan tambahan di wajah gapura, yaitu restoran dan ruang terbuka (Plaza Andrawina) yang dapat dipakai untuk kegiatan pertemun dengan kapasitas sekitar lima ratus orang, dengan vista ke arah utara (kecamatan Prambanan dan Gunung Merapi). Selain itu, pengelola Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko menyediakan tempat perkemahan dan trekking, paket edukatif arkeologi, serta pemandu wisata.

image by arii1401

Baca Spot Wisata Keren Lainnya di Jogja :

Berbeda dengan peninggalan purbakala lain dari zaman Jawa Kuno yang umumnya berbentuk bangunan keagamaan, Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

image by kkandarii

image by ayunijanuarti

Berbeda pula dengan keraton lain di Jawa yang umumnya didirikan di daerah yang relatif landai, Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko terletak di atas bukit yang lumayan tinggi tepatnya di di wilayah dua Dukuh, yakni Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Ini membuat kompleks Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko relatif lebih sulit dibangun dari sudut pengadaan tenaga kerja dan bahan bangunan. Terkecuali tentu apabila bahan bangunan utamanya, yaitu batu, diambil dari wilayah bukit ini sendiri. Ini tentunya mensyaratkan terlatihnya para pekerja di dalam mengolah bukit batu menjadi bongkahan yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan.

image by wyska_mielanti

image by pi.yan

image by wennysitohang

Kedudukan Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko di atas bukit ini juga mensyaratkan adanya mata air dan adanya sistem pengaturan air yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kolam pemandian merupakan peninggalan dari sistem pengaturan ini; sisanya merupakan tantangan bagi para arkeolog untuk merekonstruksinya. Posisi Situs Ratu Boko/Istana Ratu Boko di atas bukit juga memberikan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah bagi para penghuninya, selain tentu saja membuat kompleks ini lebih sulit untuk diserang lawan.

image by devi_lestari55

referensi: id.wikipedia.org