12 Negara Penghasil Kopi Terbesar Dan Terbaik Di Dunia

DaftarMenarik.com, Negara Penghasil Kopi Terbesar dan Terbaik Di Dunia – Anda penggemar kopi? Biasanya masyarakat mengkonsumsi kopi ketika pagi atau siang hari. Dulu, hanya kaum adam yang umumnya menikmati kopi namun seiring berjalannya waktu, kaum hawa juga banyak yang menimbulkan kopi sebgai minuman kegemaran mereka. Saat ini, ada yang menganggap bahwa hari mereka tak lengkap tanpa mengkonsumsi kopi, seorang karyawan sanggup berenergi kembali sehabis mengkonsumsi kopi, seorang seniman bisa mendapat inspirasi, bahkan seorang yang sedang berbincang-bincang di sebuah kafe juga mencicipi ‘quality time’ nya dengan meminum kopi.

Pecinta kopi mempunyai ragam alasan mengapa begitu mengasihi minuman hitam ini. Bisa alasannya ialah aromanya yang menggoda, cita rasa yang tajam, ataupun sensasi kesejukan dan terjaga. Bahkan sebagian mereka mengaku tidak bisa jauh dari kopi. Namun tahukah anda negara mana sajakah yang merupakan negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia? Apa Indonesia juga termasuk di dalamnya? Berikut akan disebutkan 10 negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia.

    Negara Penghasil Kopi Terbaik di dunia    

12 Negara Penghasil Kopi Terbesar Dan Terbaik Di Dunia

 1  Brazil
Tak hanya kaya akan keindahan alam dan wisatanya, ternyata negara ini menjadi negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia pertama. Brazil mempunyai lahan yang luas oleh alasannya ialah itu menjadikannya sebagai produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia. Masyarakatnya juga merupakan konsumer kopi terbesar kedua di dunia. Tanaman kopi di Brazil tumbuh dari Pernambuco utara hingga Parana di selatan. Brazil berhasil menyuplai 30% kopi di dunia dan mempekerjakan lebih dari 5 juta orang untuk memproduksi kopi.

Selama lebih dari 150 tahun, Brazil menjadi produsen kopi terbaik. Bahkan per tahunnya, Brazil memproduksi sekitar 54 juta karung kopi untuk lalu didistribusikan ke seluruh dunia.

 2  Kolombia
Kopi kolombia ini sangat kaya akan cita rasa yang begitu baik. Kopi-kopi terbaik di dunia berasal dari negara Kolombia alasannya ialah pekerjanya bisa menjaga kualitas biji-biji kopi yang sedang dipanen. Kopi Kolombia sangat populer di dunia alasannya ialah Kolombia sendiri merupakan salah satu produsen kopi terbesar dunia.

Tidak hanya itu, Kolombia juga mempunyai kopi yang berkarakter dengan biji kopi yang berkualitas tinggi. Meski pada tahun 2014, perubahan iklim mengurangi produksi kopi, Kolombia tetap berperan dalam permainan kopi internasional. Kolombia merupakan negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia kedua sehabis Brazil.

Lihat juga: 10 Resep Mudah Sarapan Pagi

 3  Costa Rica
Negara yang letaknya di Amerika Tengah ini mempunyai julukan “little Switzerland”. Biji-biji kopi terbaik dipilih dan diproduksi dengan pengolahan yang bagus, sehingga kadar asamnya halus menimbulkan rasa kopi asal Costa Rica begitu enak. Rasa ini sanggup dikeluarkan ketika kopi disajikan dengan memakai filter kopi atau coffee maker.

 4  Ethiopia
Negeri Ethiopia ini memproduksi kopi yang dipercaya unik bagi kalangan masyarakat, alasannya ialah biji-biji kopinya sanggup ditemukan dengan gampang ibarat flora liar. Isu yang beredar bahwa kopi arabica berasal dari negara Ethiopia ini.

 5  Guatemala
Guatemala yang mempunyai kawasan pegunungan tinggi sangat cocok untuk menanam kopi. Ada hal yang unik demi mempertahankan kopi semoga tidak beku pada demam isu dingin, para pekerja memperabukan sampah di akrab perkebunan sehingga asapnya menutupi permukaan biji kopi. Sehingga biji kopi tidak beku, hal ini juga yang mengakibatkan ada rasa asap pada kopi tersebut.

Pada tahun 2014, Guatemala memproduksi 210.000 kg biji kopi dan produksi itu cukup konsisten selama beberapa tahun terakhir. Biji kopinya yang populer ialah Guatemala Antigua, yang berkarakter kaya aroma, lezat, kekentalan tinggi, dan kadar asam tajam.

 6  Vietnam
Pecinta kopi tentu tidak abnormal dengan Vietnamese Coffee yang memadukan kopi dan susu. Produksi kopi Vietnam dimulai semenjak Prancis mengenalkan minuman kopi di Vietnam pada tahun 1857. Bahkan Vietnam menjadi negara berkembang produsen kopi yang cukup vital di Benua Asia. Setelah beras, kopi memainkan tugas penting dalam perekonomian Vietnam.
Kolombia

 7  Indonesia
Awalnya kopi diperkenalkan oleh kolonial Belanda, dimana sehabis zaman kolonial, produksi kopi tetap dilanjutkan. Lebih dari 1 miliar hektar lahan di Indonesia ditanami kopi, dimana 90% pelakunya ialah petani kecil. Satu kopi Indonesia yang populer ialah Kopi Luwak yang diproduksi dengan metode unik.

 8  Ethiopia
Negara ini kerap disebut sebagai tempat kelahiran kopi. Ceritanya seorang penggembala tak sengaja melihat kambing peliharaannya memakan tumbuhan kopi dan terlihat ibarat bertenaga sehabis memakannya. Adapun kawasan itu berjulukan “Kaffa”, sementara pohonnya berjulukan “Kafa”, dimana lalu dilafalkan menjadi “coffee” atau “kopi”. Di Afrika, Ethiopia menjadi produsen kopi terbesar dan di dunia, Ethiopia menempati 10 besar.

 9  India
Negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia berikutnya ialah India yang mulai memproduksi kopi semenjak abad-17. Beberapa varietas kopi populer India ialah Monsoon Malabar dan Kopi Robusta. Sebanyak 80% produksi kopi India diekspor ke beberapa negara, terutama Eropa dan Rusia.

 10  Honduras
Honduras termasuk negara yang agriculture oriented, dimana kopi menjadi salah satu hasil bumi yang diandalkan dalam perekonomian. Namun alasannya ialah kurangnya branding, teknis produksi, dan infrastruktur, eksporter Kopi Honduras sulit menaikkan harga.

 11  Meksiko
Di Amerika Serikat, Meksiko merupakan eksporter terbesar kopi Arabika berkualitas tinggi. Saat produksi kopi menurun selama rentang tahun 90-an hingga 2000-an, usul dari Amerika Serikat justru stabil dan menciptakan pasar kopi Meksiko pulih. Dari yang semula pada tahun 2005 hanya memproduksi 1,7 juta kantong, pada tahun 2014 produksi biji kopi Meksiko meningkat menjadi 4,0 juta kantong.

 12  Uganda
Uganda merupakan salah satu produsen kopi di dunia, dimana pada tahun 2014 silam, produksi kopi Uganda mencapai 240.000.000 kg. Namun karena petani kopi tidak mengetahui cara pengelolaan kopi secara maksimal, harga kopi Uganda dibanderol dengan sangat murah.

Itulah 12 negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia, dimana Indonesia juga masuk ke dalam negara terbaik yang bisa disampaikan dan bisa menjadi materi acuan bagi para pecinta kopi tanah air. Sekarang, giliran pembaca daftarmenarik.com menentukan manakah kopi dari negara manakah yang ingin Anda cicipi?


Sumber https://daftarmenarik.blogspot.com