Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta

Yogyakarta yaitu ejaan resmi kota ini, pun biasanya kota ini juga diucapkan dan tidak jarang ditulis dengan Jogjakarta atau hanya Jogja (JOGH-jah). Kota yang dikenal dengan Kota Gudeg ini yaitu tujuan wisata utama di Indonesia. Kota ini juga merupakan ibu kota Daerah spesial Yogyakarta yang terletak di bab selatan provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ini yaitu panduan atau rute Ke Yogyakarta, panduan wisata ke Yogyakarta yang ringkas untuk kalian yang ingin belibur ke Yogyakarta dan memerlukan informasi. 

Sekilas Tentang Yogyakarta


Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta
Yogyakarta yaitu kota yang ramai dengan beberapa juta penduduknya dan merupakan tujuan wisata paling terkenal di Jawa. Semua itu alasannya yaitu kedekatannya dengan candi Borobudur dan Prambanan. Kota Yogyakarta ini juga merupakan sentra seni dan pendidikan, mengatakan beberapa baik belanja dan mempunyai banyak sekali fasilitas wisata.
Sebenarnya, kota (kota) Yogyakarta hanya satu dari lima kabupaten di wilayah Daerah spesial Yogyakarta (DIY). Sementara itu, kabupaten lainnya yaitu Sleman di lereng Gunung Merap yang berada di utara, Bantul di selatan, perbukitan Gunungkidul di Timur dan Kulon Progo di Barat.
Status khusus ini ada berkat Kesultanan Hamengku Buwono, yang telah memerintah wilayah tersebut semenjak 1755 dan membantu Indonesia melalui masa-masa sulit pendudukan dan revolusi. Selama perang kemerdekaan Indonesia, Sultan Hamengkubuwono IX juga banyak membantu pemerintah Indonesia, menyebabkan Yogyakarta sebagai ibukota Indonesia. Memang, Yogyakarta pernah menjadi ibukota republik Indonesia pada tahun 1946-1949 ketika Jakarta masih diduduki oleh Belanda. Akibatnya, pemerintah sentra mengakui Sultan Yogyakarta sebagai gubernur ditunjuk Daerah spesial Yogyakarta; satu-satunya gubernur di Indonesia yang tidak dipilih pribadi oleh rakyat.
Sayangnya, Yogyakarta ini terletak di salah satu daerahh seismik paling aktif bab dari Jawa. Karena itu beberapa kali kota ini dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Yang terburuk dalam sejarah yaitu gempa 27 Mei 2006, yang menewaskan lebih dari 6.000 orang dan meratakan lebih dari 300.000 rumah. Untungnya, sentra gempa berada 25 km di sebelah utara dari kota, yang dengan demikian sanggup dihindari imbas terburuk gempa. Selain itu upaya pemulihan tragedi sangat efektif melihat sebagian besar kerusakan fisik diperbaiki cukup cepat.
Hanya empat tahun kemudian, pada bulan Oktober 2010, gunung berapi di dekatnya Gunung Merapi meletus, memuntahkan lava lebih desa di dekatnya, Borobudur dan membunuh 353 orang. Setelah gemuruh dan mematikan selama dua bulan, gunung berapi hening pada bulan Desember 2010.

Cara Menuju Yogyakarta

Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta
Ada banyak cara untuk berlibur ke Yogyakarta, menyerupai dengan Pesawat, Bis, Mobil, hingga Kereta Api.


Liburan Ke Yogyakarta Dengan Pesawat Terbang

Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta
Adisucipto International Airport yaitu bandara utama Yogyakarta (IATA: JOG), bandara kecil tapi sibuk ini berada pada 8km di timur kota.Garuda yaitu salah satu maskapai yang mempunyai penerbangan dari Jakarta (50 menit). Untuk layanan internasional, AirAsia menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur dan Singapura.
Ada meja informasi turis, ATM dan taksi di ruang kedatangan. Taksi resmi bandara tersedia dengan tarif sekitar IDR 50,000 tergantung pada tujuan kalian. Tinggal membayar di meja taksi yang ada di terminal kedatangan dan kemudian menuju pangkalan taksi resmi. Berikan tanda terima tadi kepada driver kalian, tidak ada pembayaran pemanis sehabis itu.
Bandara Yogyakarta yaitu salah satu dari dua bandara terhubung dengan kereta api Indonesia, selain Bandara Kuala Namu di Medan, Sumatera Utara. Kalian sanggup pergi dari dan ke bandara dengan naik kereta api Prambanan Ekspres ke / dari Kutoarjo (barat dari Yogyakarta), Palur (sebelah timur dari Surakarta) dan dari beberapa stasiun, menyerupai Stasion Tugu di akrab Jalan Malioboro di Yogyakarta) dan stasiun Solobalapan di Solo. Stasiun kereta api di bandara ini hanya beberapa menit berjalan kaki dari terminal kedatangan, melewati sebuah underpass.
Informasi penting mengenai Bandara Internasional Yogyakarta yang perlu dicatat : Bandar Udara Internasional Adisucipto (Adisucipto International AIrport), Jl. Solo km9, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +62 274 484261 (fax: +62 274 488155). Tourist Information Service: + 62 274 387202 / 62 274 4531318.

Liburan Ke Yogyakarta Dengan Bis

Terminal bus utama Yogyakarta yaitu Giwangan, berada sekitar 4 km ke tenggara dari sentra kota. Ada layanan reguler dari seluruh kota besar di Jawa, termasuk Jakarta (12 jam perjalanan), Bandung (10 jam perjalana), dan Surabaya (8 jam).
Ada juga sebuah stasiun bus di bandara yang merupakan bab dari Trans Jogja. Dari sana kalian sanggup menuju salah satu dari banyak terminal bis Trans Jogja. Tarifnya IDR 3.000 untuk sekali jalan. Informasi wacana Terminal Penumpang Giwangan (Giwangan Terminal Bus) : Jl. Imogiri, Giwangan. +62 274 378288, +62 274 7482222 (fax: +62 274 7483333)
Jika kalian berencana untuk tiba ke Yogyakarta dari Bandung maka kalian perlu untuk pergi ke Terminal Bus Cicaheum Bandung untuk mendapat bus. Jika bus pribadi tidak tersedia, kalian sanggup naik bis ke Purwokerto terlebih dahulu (6-7 jam, IDR 45.000). Dari Purwokerto ada bus reguler tersedia untuk Yogyakarta (4-5 jam, IDR30.000).
Bus pribadi Bandung – Yogyakarta tersedia 24/7, baik reguler (setiap jam) atau bus malam yang berangkat setiap pukul 15.00 dari Bandung. Karena Yogyakarta juga akrab dengan Semarang dan Solo, ada juga shuttle bus yang beroperasi antara kedua kota itu, yang dikenal dengan Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Tarifnya IDR 45.000 ke Semarang,dan IDR 25.000 ke Solo.

Bus Lain Yang Beroperasi Dari Dan Ke Kota Yogyakarta

  • Joglosemar (Joglosemar), Jl. Magelang Km 5,5, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +62 274 623 700, IDR 25,000 – IDR 50,000.
  • Day Trans, Purawisata, Jl. Brigjen Katamso, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +62 274 385 990, IDR 50,000 (Semarang).
  • Cipaganti, Jl. Magelang Km 5,6, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +62 274 919 4777 / 9124 888,
  • Central Java Transporter, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +6285225993574 (thejavatransporter@gmail.com), yang mengoperasikan kendaraan beroda empat dengan 5 dan 7 kursi, untuk harganya silahkan dilihat di website mereka.

Liburan Ke Yogyakarta Dengan Kereta Api

Dengan naik kereta api dari atau ke Jakarta akan memakan waktu perjalanan antara 7-12 jam dari stasiun utama Yogyakarta, Stasiun Tugu. Kereta Argo Lawu dan Argo Dwipangga yaitu yang terbaik, tercepat dari kereta yang lain, dan juga yang paling nyaman.
Bisa juga naik Taksaka Pagi Atau Malam, harganya mulai dari IDR 235.000-265.000. Semua kereta ini yaitu kereta ekspres yang menghubungkan Yogyakarta dan Jakarta dalam 7-8 jam, baik di siang hari atau malam. Harga dan jadwal terupdate sanggup dilihat secara online di www.kereta-api.co.id.
Penumpang dari atau ke Bandung sanggup naik Kereta Api Argo Wilis atau Lodaya yang melintasi jalur kereta api selatan Jawa pada siang hari, dengan pemandangan sawah dan pegunungan yang apik (meskipun ada Lodaya semalam dan Turangga dari Surabaya juga perjalanan semalam. Tarifnya mulai dari IDR 155.000 dari Bandung. Penumpang dari atau ke Surabaya dilayani oleh layanan Kereta Api Sancaka dua kali sehari berangkat di pagi dan sore hari.
Yogyakarta dan Solo yang terhubung oleh beberapa kereta Prambanan Ekspres. Meskipun namanya Prambanan Ekspress, kereta ini tidak berhenti di stasiun Prambanan, dan bahkan kalau berhenti di stasiun Prambanan pun, stasiun ini masih agak jauh dari kompleks Candi Prambanan.

Stasiun Kereta Api Di Yogyakarta

  • Stasiun Tugu (Central Railway Station Tugu), Jl. Mangkubumi 1. Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +62 274 589685. Stasiun utama yogyakarta untuk kereta api dengan tujuan banyak sekali kota besar menyerupai Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo.
  • Stasiun Lempuyangan (Stasiun Kereta Api Lempuyangan), Jl. Lempuyangan. Untuk keberangkatan dengan kereta kelas ekonomi dengan beberapa tujuan, termasuk Stasiun Gambir Jakarta (IDR 85,000-120.000, 8 jam perjalanan dengan kereta api) dan Stasiun Gubeng Surabaya (IDR 50.000-60.000, 6 jam perjalanan).

Daftar Kereta Api Di Jawa Yang Melayani Rute Jakarta – Yogyakarta (PP)

  • Argo Lawu : Stasiun Tugu – Gambir
  • Taksaka Pagi : Stasiun Tugu – Gambir
  • Taksaka Malam : Stasiun Tugu – Gambir
  • Argo Dwipangga : Stasiun Tugu – Gambir
  • Gajayana : Stasiun Tugu – Gambir
  • Bima : Stasiun Tugu – Gambir
  • Argo Dwipangga Fakultatif : Stasiun Tugu – Gambir
  • Argo Lawu Fakultatif : Stasiun Tugu – Gambir
  • Argo Dwipangga Tambahan : Stasiun Tugu – Gambir
  • Argo Lawu Tambahan : Stasiun Tugu – Gambir
  • Gajayana Lebaran : Stasiun Tugu – Gambir
  • Taksaka Pagi Lebaran : Stasiun Tugu – Gambir
  • Fajar Utama Yogya : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Bogowonto : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Argo Lawu : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Taksaka Pagi : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Gajahwong : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Senja Utama Yogya : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Senja Utama Solo : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Taksaka Malam : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Argo Dwipangga : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Gajayana : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Bima : Stasiun Tugu – Jatinegara
  • Fajar Utama Yogya : Stasiun Tugu – Pasar Senen
  • Bogowonto : Stasiun Tugu – Pasar Senen
  • Gajahwong : Stasiun Tugu – Pasar Senen
  • Senja Utama Yogya : Stasiun Tugu – Pasar Senen
  • Senja Utama Solo : Stasiun Tugu – Pasar Senen

Daftar Kereta Api Di Jawa Yang Melayani Rute Bandung – Yogyakarta (PP)

  • Pasundan : Kiaracondong – Lempuyangan
  • Kahuripan : Kiaracondong – Lempuyangan
  • Pasundan Leb : Kiaracondong – Lempuyangan
  • Lodaya Pagi : Bandung – Stasiun Tugu
  • Argo Wilis : Bandung – Stasiun Tugu
  • Malabar : Bandung – Stasiun Tugu
  • Mutiara Selatan : Bandung – Stasiun Tugu
  • Lodaya Malam : Bandung – Stasiun Tugu
  • Turangga : Bandung – Stasiun Tugu
  • Lodaya Pagi Leb : Bandung – Stasiun Tugu
  • Lodaya Malam Leb : Bandung – Stasiun Tugu
  • Lodaya Pagi Tamb : Bandung – Stasiun Tugu
  • Lodaya Malam Tamb : Bandung – Stasiun Tugu
  • Lodaya Pagi : Kiaracondong – Stasiun Tugu
  • Malabar : Kiaracondong – Stasiun Tugu
  • Mutiara Selatan : Kiaracondong – Stasiun Tugu
  • Lodaya Malam : Kiaracondong – Stasiun Tugu

Liburan Ke Yogyakarta Dengan Mobil

Yogyakarta segera sanggup dikunjungi dengan kendaraan beroda empat lewat Jalur Selatan, yang membentang melalui bab selatan Jawa dari Bandung hingga ke Surabaya melewati Yogyakarta. Kota ini terletak sekitar 380 km sebelah timur dari Bandung dan 300 km sebelah barat daya dari Surabaya.
Dari Jakarta, Yogyakarta juga sanggup dicapai lewat Jalur Selatan. Namun biasanya orang lebih suka bepergian melalui Jalur Pantura (Jalur Pantai Utara), lewat Semarang. Dari Semarang, Yogyakarta masih 110 km jauhnya, ke arah selatan. Perjalanan melalui jalur Pantura lebih direkomendasikan alasannya yaitu jalanan yang lebih luas.
Di Jalur Pantura ada banyak fasilitas penunjang perjalanan menyerupai restoran, akomodasi, SPBU di sepanjang jalan dibandingkan dengan Jalur Selatan. Namun, Jalur Pantura lebih ramai alasannya yaitu ada banyak truk dan bus jarak jauh di sepanjang jalan, dan terutama di animo puncak (libur panjang), biasanya akan sangat padat.

Cara Keliling Kota Yogyakarta

Yogyakarta yaitu kota yang relatif kecil, sehingga berkeliling kotanya tidak akan terlalu mahal. Bahkan, kalau sudah hingga di sentra kotanya, entah itu Nol Kilometer Yogyakarta atau Jalan Malioboro, kalian sanggup berkeliling dengan hanya berjalan kaki saja.
Alternatifnya kalian sanggup berkeliling Kota Yogyakarta dengan cara sebagai berikut.

Keliling Yogyakarta Dengan Taksi

Meskipun cara ini agak mahal, tetapi Taksi Yogyakarta dengan argo ketika ini sanggup dipercaya. Tarif minimum yaitu sekitar IDR 6.000 dan kebanyakan perjalanan di sekitar sentra kota akan terkena tarif sekitar IDR 15.000. Setelah malam tarif minimum untuk taksi yaitu IDR 20.000 bahkan kalau di argo tertulis kurang dari IDR 20.000.
Jika kebetulan kalian menemukan sopir taksi yang berdasarkan kalian baik dan sanggup dipercaya, mintalah nomor ponselnya sehingga pada perjalanan berikutnya kalian sanggup menghubunginya pribadi ke ponsel. Sebagian besar supir taksi di Yogyakarta akan bahagia untuk melaksanakan hal ini.

Keliling Yogyakarta Dengan Becak

Becak sanggup ditemukan dengan gampang di sebagian besar bab dari Yogyakarta. Tawarlah sebelum naik ke becak. Pastikan juga diperjelas, apakah tarif yang kalian dapatkan itu untuk satu arah atau pulang pergi. Dan perjelas juga berapa tambahannya, kalau kalian ingin pengemudi becak menunggu sementara kalian berbelanja. Naik dari dalam kota ke tempat perbelanjaan Malioboro tarifnya mulai dari IDR 10.000.

Keliling Yogyakarta Dengan Dokar

Dikenal juga sebagai andong, atau dokar, biasanya menunggu wisatawan di tempat ramai menyerupai stasiun kereta api, Keraton dan Mal Malioboro. Tawarlah sebelum naik, dan rute dokar yang umum yaitu dari Jl. Malioboro ke Keraton. Biaya untuk satu kali perjalanan yaitu sekitar IDR 20.000. Mungkin akan ada yang meminta tarif IDR 30.000, namun itu sanggup ditawar. Andong sanggup menampung hingga 5 penumpang sampaumur sekaligus.

Keliling Yogyakarta Dengan Bis Kota

Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta
Bus menengah dan kecil yaitu angkutan umum utama di Yogyakarta. Ada dua jenis bus: reguler dan Trans Jogja. TransJogja beroperasi dari jam 06:00 Pagi – 10:00 Malam dan hanya berhenti di halte yang sudah disediakan. Tidak menyerupai bus reguler, TransJogja ber-AC dan umumnya lebih aman. Tiket sanggup dibeli pribadi di tempat penampungan dan biaya untuk sekali jalan yaitu IDR 3.000. Ada enam rute jalur Bus Trans Jogja. Pun jarak antar halte bus cukup jauh, (1-2 km) dan tidak terlalu banyak.
Selain Trans Jogja, ada Bus reguler yang biasanya beroperasi dari jam 06:00 Pagi -05:00, dan beberapa rute yang panjang sanggup beroperasi hingga 09:00. Harap tidak pernah membawa sesuatu yang berharga di bus umum, dan berhati – hatilah terhadap pencopet di bus. Biaya untuk sekali jalan yaitu IDR 2.500 terlepas dari jarak (dalam kota).

Keliling Yogyakarta Dengan Sewa Mobil Atau Sepeda Motor

Naik sepeda motor yaitu cara yang paling efisien selama liburan di Yogyakarta. Naik sepeda motor yaitu cara yang baik untuk menembus kemacetan Kota Yogyakarta. Selain itu, kalau kalian pergi bersama atau dengan banyak orang kalian sanggup menyewa kendaraan beroda empat selama di Yogyakarta. Ada beberapa tempat penyewaan kendaraan beroda empat dan sepeda motor di luar Stasiun Tugu akrab Jalan Pasar Kembang.
Sepeda motor matic sanggup disewa dengan harga mulai dari IDR 50.000 per 24 jam. Mobil sanggup disewa dengan harga sekitar IDR 350.000 untuk 24 jam, atau Rp 225.000 untuk 12 jam. Kalian juga sanggup menyewa sopir dengan harga sekitar IDR 50.000-Rp 200.000/hari. Harga sanggup bervariasi alasannya yaitu banyak sekali jenis alasan.

Beberapa tempat penyewaan kendaraan beroda empat dan sepeda motor di Yogyakarta yang sanggup dihubungi :

  • MK Motor Rental Yogya, Jl. Wates, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +6289652225158 (mkrentalyogya@gmail.com).
  • Trans Rental Car, Jl. Puri Niten Asri No. No.16, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +6282136762002 (tansurent@gmail.com).
  • Mirza Rental, Jl. Puri Niten Asri No. No.16, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +6285729828930 (mirzarent@gmail.com).
  • Jogjatransairport, ln. Garuda 312 Rt. 07 Rw.40 Banguntapan, Bantul, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +6287-739-518-019 and +6285-878-057-714 (jogjatransairport@gmail.com).
  • JogloTransport, Brontokusuman MG III/452, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +62 274 413858 / +62 822 4224 1771 (info@joglotourandtravel.com).
  • Aho Trans, Jatirejo RT 04 RW 22 Sendangadi, Mlati Sleman, Yogyakarta, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta +628122704607 (ahotrans@gmail.com).
  • Yogya Sewa Mobil, Jogoyudan JT1/035 Yogyakarta, Explore Indonesia: Panduan / Rute Liburan Ke Yogyakarta 081904010666 (info.bryhands@gmail.com)
Sumber : http://liburmulu.com/panduan-liburan-ke-yogyakarta/


Sumber http://keliling-travel.blogspot.com/