Tempat Wisata Terbaik : Daerah Wisata Yogyakarta – Candi Kalasan yang lagi Hits

Tempat Wisata Yogyakarta – Candi Kalasan – Nama Lain dari Candi Kalasan yaitu Candi Kalibening yang merupakan candi dengan kategori candi umat Buddha yang terdapat di desa Kalasan, kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta, Pulau JawaIndonesia. Candi ini memiliki 52 stupa yang berada di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo letaknya sekitar 2 km dari candi Prambanan.

Pada mulanya hanya Candi Kalasan yang ditemukan pada tempat situs ini, namun sesudah digali lebih dalam lagi lalu ditemukan lebih banyak lagi bangunan pendukung yang ada di sekitar candi ini. Selain candi Kalasan dan bangunan pendukung lainnya juga ada tiga buah candi kecil di luar bangunan candi utama, yang berbentuk stupa.

Tempat Wisata Terbaik : Daerah Wisata Yogyakarta - Candi Kalasan yang lagi Hits
Candi Kalasan
Foto Oleh : wikipedia

Candi Kalasan ini memiliki lapisan epilog candi yang dinamakan Bajralepa, semacam plesteran yang terdapat di tabrakan kerikil halus. Hiasan Bajralepa ini merupakan salah satu ciri dari Candi Kalasan, yang juga sanggup dijumpai pada Candi Sari. Denah dari bangunan Candi Kalasan berbentuk persegi. Dengan atap berbentuk segi delapan dan puncaknya berbentuk dagoba atau stupa. Keadaannya sudah sangatlah rusak. Hanya bab selatan saja yang masih utuh.

Hotel Murah di Yogyakarta
Sumber https://www.ragamtempatwisata.com/