Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi Selatan

1. Rumah Adat
Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi Selatan
Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi SelatanRumah budpekerti Sulawesi Selatan disebut Tongkonan. Tongkonan yaitu rumah budpekerti orang Toraja di Sulawesi Selatan. Kolong rumah itu berupa sangkar kerbau belang atau tedong bonga. Kerbau ini merupakan lambang kekayaan, disepan rumah tersusun tanduk tanduk kerbau,sebagai perlambang pemiliknya telah berulang kali mengadakan upacara simpulan hidup secara besar besaran. Tongkonan terdiri dari 3 ruangan yaitu ruang tamu, ruang makan, dan ruang belakang.


Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi Selatan
Tari Pakarena – Sulawesi Selatan
 2. Seni Tradisional
a. Tari Pakarena mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas dalam suasana gemuaku sambil mengikuti alunan lagu. Tarian ini disebut juga Tari Kipas.
b Tari Basaro merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Gerak gerakkan badannya sangat luwes.
c. Tari Bo’da mendasarkan garapannya pada unsur gerak tari tradisional yang berkembang di Kabupaten Selayar. Dengan iringan musik Bo’da kesuluruhan gerakkannya menggambarkan luapan kegembiraan gadis gadis di malam terperinci bulan pada dikala menjelang demam isu panen.

Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi SelatanTravel/en/resource/show/banner/22″ />
















3. Senjata Tradisional


Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi Selatan
Badik merupakan senjata tradisional yang sangat populer di Sulawesi Selatan. Bentuknya kokoh dan cukup mengerikan. Senjata populer lainnya yaitu peda (semacam perang), sabel, tombak, dan perisai. Badik atau badek adalah pisau dengan bentuk khas yang dikembangkan oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Badik bersisi tajam tunggal atau ganda, dengan panjang mencapai sekitar setengah meter. Seperti keris, bentuknya asimetris dan bilahnya kerap kali dihiasi dengan pamor. Namun, berbeda dari keris, badik tidak pernah memiliki ganja (penyangga bilah).



















4. Pakaian Adat

Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi SelatanPakaian budpekerti Selawesi Selatan yang digunakan prianya berupa tutup kepala, baju yang disebut baju bella dada, sarung yang disebut tope, keris tata ropprng (terbungkus dari emas seluruhnya) dan gelang nada yang disebut pottonaga. Baju bodo  yaitu pakaian budpekerti tradisional wanita Bugis,  Sulawesi Selatan,  Indonesia. Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bab siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia. Wanitanya menggunakan ikat kepala, baju lengan pendek, Tope atau sarung dengan rantainya, ikat pinggang dengan sebilah keris terselip didepan perut. Perhiasan yang digunakan yaitu anting anting panjang atau bangkara a’rowe, kalung tunggal atau geno sibatu dan gelang tangan. Pakaian ini menurut budpekerti Bugis Makasar.

Tempat Wisata Terbaik Di Jawa Tengah Dan Indonesia: Budaya Sulawesi Selatan
Suku Makasar – Sulawesi Selatan

5. Suku
Suku Bangsa di Sulawesi Selatan terdiri dari :
– Bugis
– Makassar
– Mandar
– Toraja
– Duri
– Pattinjo
– Bone
– Maroangin
– Endekan
– Pattae
– Kajang/Konjo
6. Bahasa
Bahasa yang umum digunakan adalah:
Bahasa Makassar adalah salah satu rumpun bahasa yang dipertuturkan di daerah Makassar dan Sekitarnya.
Bahasa Bugis adalah salah satu rumpun bahasa yang dipertuturkan di daerah Bone hingga ke Kabupaten Pinrang, Sinjai, Barru, Pangkep, Maros, Kota Pare Pare, Sidrap, Wajo, Soppeng Sampai di daerah Enrekang, bahasa ini yaitu bahasa yang paling banyak di pakai oleh masyarakat Sulawesi Selatan.
Bahasa Pettae adalah salah satu bahasa yang dipertuturkan di daerah Tana Luwu, mulai dari Siwa,Kabupaten Wajo, Enrekang Duri, hingga ke Kolaka Utara,Sulawesi Tenggara.
Bahasa Toraja adalah salah satu rumpun bahasa yang dipertuturkan di daerah Kabupaten Tana Toraja dan sekitarnya.
Bahasa Mandar adalah bahasa suku Mandar, yang tinggal di provinsi Sulawesi Barat, tepatnya di Kabupaten Mamuju, Polewali Mandar, Majene dan Mamuju Utara. Di samping di wilayah-wilayah inti suku ini, mereka juga tersebar di pesisir Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.
Bahasa Duri adalah salah satu rumpun bahasa Austronesia di Sulawesi Selatan yang masuk dalam kelompok dialek Massenrempulu. Di antara kelompok Bahasa Massenremplu, Bahasa Duri memilki kedekatan dengan bahasa Toraja dan bahasa Tae’ Luwu. Penuturnya tersebar di wilayah utara Gunung Bambapuang, Kabupaten Enrekang hingga wilayah perbatasan Tana Toraja.
Bahasa Konjo terbagi menjadi dua yaitu Bahasa Konjo pesisir dan Bahasa Konjo Pegunungan, Konjo Pesisir tinggal di daerah pesisir Bulukumba dan Sekitarnya, di sudut tenggara bab selatan pulau Sulawesi sedangkan Konjo pegunungan tinggal di daerah tenggara Gunung Bawakaraeng.
7. Lagu Daerah
– Ammac Ciang
– Anak Kukang
Angin Mamiri
– Ati Raja
– Batti Batti
– Ganrang Pakarena
– Ma Rencong
– Pakarena 


















ENSIKLOPEDI LAINNYA


Sumber http://www.thecolourofindonesia.com/