Tempat Wisata Terbaik : Kawasan Wisata Di Bali – Terunyan, Kintamani, Bangli yang lagi Hits

Tempat wisata di Bali – Terunyan, Kintamani, Bangli – Terunyan merupakan sebuah nama desa yang berada di Kec. Kintamani, Kab. Bangli, pulau Bali, Indonesia. Terunyan yaitu suatu tempat yang terletak di Danau Batur, Kintamani. Di daerah ini mempunyai sopan santun pemakaman yang cukup unik. Warga atau masyarakat yang sudah meninggal dunia, jenazahnya dimakamkan di atas sebuah watu besar yang mempunyai cekungan 7 buah. Kemudian mayit akan dipagari dengan bambu anyam secukupnya. Uniknya lagi, sehabis berhari-hari sudah dimakamkan dan tidak dibalsem, mayit warga yang meninggal tersebut tidak berbagi aroma amis busuk.

Adat yang ada di Desa Terunyan yaitu mengatur tata cara menguburkan mayat untuk warganya. Di desa ini terdapa tiga kuburan atau sema yang disediakan untuk tiga jenis tamat hidup yang berbeda. Jika ada seorang warga Terunyan yang meninggal secara wajar, jenazahnya akan ditutupi dengan kain putih, diupacarai, dan lalu diletakkan begitu saja di bawah pohon besar berjulukan Taru Menyan tanpa dikubur, di sebuah lokasi yang berjulukan Sema Wayah. Namun, bila lantaran dari kematiannya secara tidak wajar, contohnya lantaran kecelakaan, bunuh diri, atau dibunuh orang, maka jenazahnya akan diletakan di lokasi yang berjulukan Sema Bantas. Sedang untuk menguburkan bayi dan anak kecil, ataupun warga yang sudah remaja akan tetapi belum menikah, akan diletakan di lokasi yang berjulukan Sema Muda.

Tempat Wisata Terbaik : Kawasan Wisata Di Bali - Terunyan, Kintamani, Bangli yang lagi Hits
Desa Terunyan, Kintamani, Bangli, Bali

Penjelasan kenapa mayat yang diletakan dengan rapi di 3 lokasi sema itu tidak mengakibatkan aroma amis basi padahal peletakannya dikerjakan secara alamiah, penguraian atas mayit tersebut tetap terjadi disebabkan oleh pohon Taru Menyan, yang sanggup mengeluarkan amis harum dan bisa untuk menetralisir amis basi dari mayat yang diletakkan. Taru artinya yaitu pohon, sedangkan Menyan berarti harum. Pohon Taru Menyan ini, hanya tumbuh di daerah tempat ini. Jadilah Tarumenyan yang lalu jadi lebih dikenal sebagai Terunyan yang diyakini sebagai asal seruan dari nama Desa Terunyan.

Hotel Murah di Bali


Sumber https://www.ragamtempatwisata.com/