Wisatadimalang; Coban Baung, Riam Anyar Nan Eksotis


Wisatadimalang; Coban Baung, Riam Anyar Nan Eksotis
Coban Baung Gunung Kawi

Ya…. kali ini warga Malang telah mempunyai aset wisata yang boleh dibilang baru, akan tetapi sangat menarik untuk dijadikan tempat melepaskan kepenatan sebab rutinitas harian. Memiliki nama Coban Baung, terletak di Desa Gendogo, Balesari, Gunung Kawi, kecamatan Ngajum, kabupaten Malang.
Selama ini baik secara regional maupun nasional, daerah Ngajum populer dengan pesarean Gunung Kawi, yang banyak dikunjungi oleh orang orang dipenjuru nusantara bahkan mancanegara. Dengan adanya Coban Baung, maka kecamatan Ngajum tidak hanya mempunyai objek wisata religi, melainkan juga wisata alam.

Memang secara geografis jarak Coban Baung dengan Pesarean Gunung Kawi tidak begitu jauh, hanya berjarak beberapa kilometer saja. Jadi, bila Anda ziarah ke Gunung Kawi rugi banget melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Coban Baung.
Wisatadimalang; Coban Baung, Riam Anyar Nan Eksotis
Coban Baung Gunung Kawi


Kalau biasanya untuk sanggup menikmati objek wisata riam di sekitar Malang Raya harus pergi ke daerah Pujon, Poncokusumo, dan daerah sekitarnya, maka sesudah ini Coban Baung sanggup dijadikan sebagai alternatif lain wisata riam di Malang Raya. Objek wisata ini bekerjsama terbilang baru, mengingat pemerintah dalam hal ini Bapak Bupati Malang dan Perhutani meresmikannya masih di tahun 2015 yang lalu.

Baca Juga : Pesona Air Terjun Sumber Maron

Wilayah coban ini bekerjsama milik Perhutani yang luasnya kurang lebih 74 hektar. Dalam wilayah ini ada sebuah Pura dan sebuah tempat yang berdasarkan planning akan dijadikan bumi Perkemahan. Kaprikornus tambah ramai tentunya. Untuk memfasilitasi itu semua diharapkan kelengkapan infrastruktur yang sudah ada namun tidak layak maupun yang belum ada sama sekali, ibarat perbaikan jalan, pengadaan MCK, tempat ibadah, area parkir dan akomodasi pendukung.
Untuk hingga di lokasi Coban Baung ini memang tidaklah mudah, bila mau pakai motor hendaknya saat ekspresi dominan kemarau, namun saat ekspresi dominan hujan harus ditempuh dengan jalan kaki. Dalam perjalanan menuju ke sana, Anda akan melewati rimbunnya pepohonan dan jernihnya sungai yang berada di tengah hutan. Wow… alami banget pokoknya.
Baca Juga : Coban Pelangi, Bikin Adem Hati

Wisatadimalang; Coban Baung, Riam Anyar Nan Eksotis
Coban Baung Gunung Kawi

Maklum saja objek wisata ini masih belum banyak tersentuh tangan jahil manusia. Jalanan yang mendaki dan menurun harus kita tapaki untuk hingga disana. Tapi kita juga harus selalu waspada sebab jalan yang dilewati sangat licin dan rawan pohon tumbang serta longsor apalagi bila ekspresi dominan penghujan datang. Sangat menantang.
Setelah menapaki jalanan yang tidak mengecewakan menguras tenaga tersebut, pada risikonya Anda akan mendengar bunyi desiran riam yang saat Anda semakin bersahabat maka semakin terang suaranya. Air terjun itulah yang dinamakan Coban Baung. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 71 meter ini memang cukup indah serta eksotis.
Tapi sayangnya masih ditemukan sampah awut-awutan yang sedikit mengurangi keasrianya. Jika ke sini, jangan lupa bawa kantong plastik untuk menampung sampah yang Anda bawa. Bisa juga membawa kantong plastik besar untuk memunguti sampah yang ada di sana. Terlepas dari itu semua, Coban Baung akan memperlihatkan sebuah pemandangan eksotis dan sanggup dibanggakan oleh warga Malang dan sekitarnya.
So, segera rencanakan waktu luang Anda untuk berwisata di sana.

Oleh : Atoxi



Sumber http://www.wisatamalangku.com/