Wisatajogja; Ingin Tau Asal Mula Sekaten?

Sekaten 

Wisatajogja; Ingin Tau Asal Mula Sekaten?
Mendengar kata sekaten mungkin kita eksklusif membayangkan dengan pasar malam di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Tetapi bahwasanya dari manakah awal pertama kali sekaten? Penasaran?

Sekaten merupakan salah satu tradisi yang masih ada di Yogyakarta dan Solo. Sekaten berasal dari kata syahadatain yang mengalami pergeseran pengucapan. Syahadatain artinya kalimat syahadat. Lalu siapa yang memulai tradisi sekaten ini? Sejarah sekaten diulai dari kerajaan Demak. Raden Patah awalnya berniat menghapus semua upacara keagamaan supaya masyarakat sanggup memeluk Islam tanpa efek animism dan Hindu.

Kemudian atas saran Wali Songo, upacara keagamaan dihidupkan kembali tetapi diberi warna keislaman. Awal dan tamat upacara berupa doa, yang dipanjatkan oleh Sunan Giri dan Sunan Bonang. Meskipun demikian masyarakat masih enggan mengucapkan 2 kalimat syahadat.

Untuk lebih menarik simpati masyarakat, pada malam menjelang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Sultan berkenan mengikuti upacara di masjid besar. Nah, sampai ketika ini sekaten merupakan tradisi kerajaan yang masih berjalan sampai ketika ini.


Sumber http://info-travel-jogja.blogspot.com/