Wisatajogja; Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!

Wisatajogja; Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!
Pantai Pok Tunggal yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, merupakan salah satu wisata pantai Jogja dengan pemandangan yang sangat indah, terlebih pemandangan ini akan semakin istimewa dikala sunset.

Begitu banyaknya pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Kidul berkarakteristik menyerupai dan berpasir putih yang diapit antara tebing karst di kanan dan kirinya. 
Kecuali hanya Pantai Baron saja, yang pasir pantainya berwarna coklat kehitaman.
Sedangkan Pantai Pok Tunggal, mempunyai sebuah icon yang mengakibatkan wisata pantai jogja ini berbeda dengan wisata pantai lainnya dari sejumlah pantai Jogja lainnya terletak di wilayah Gunung Kidul.

Pohon Duras Sebagai Icon Pantai Pok Tunggal

Sebuah icon yang mengakibatkan cirikhas dari Pantai Pok Tunggal tersebut ialah sebuah pohon dan satu-satunya dari jenis flora yang sanggup tumbuh di pantai ini.
“Duras” ialah nama flora untuk pohon tersebut,
Dibawah ini ialah pohon Duras yang ada di Pantai Pok Tunggal!
Wisatajogja; Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!
foto: trip advisor

Asal Nama Pantai Pok Tunggal

Sebenarnya Pantai Pok Tunggal sudah dibuka semenjak Tahun 2012 yang lalu, namun masih kalah populeritasnya dengan Pantai lainnya. Kemungkinan hal ini sebab faktor promosi yang kurang gencar.
Berdasarkan gosip yang didapat, nama Pantai Pok Tunggal berasal dari nama kelompok pengelola Pantai ini, yaitu “Kelompok Tunggal”.
Namun ada juga gosip lain yang menyebutkan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari sebuah mata air yang ada di Pantai ini. 
“Tuk” dalam Bahasa Jawa ialah sebutan dari sumber mata air. Sedangkan “Tunggal” ialah hanya satu-satunya. Jika digabung menjadi “Tuk Tunggal”, lantas kenapa sanggup menjadi Pok Tunggal?
Entahlah….. apalah arti dari sebuah nama, Yang penting Pantai Pok Tunggal ialah wisata Pantai Jogja yang Yang Indah.

Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!

1. Menikmati Sunset
Sangat rugi kiranya kalau piknik di Pantai Pok Tunggal tetapi melewatkan Sunset.
Selain Indah nya biru air bahari dengan ombak yang berkejaran yang dipadukan dengan putihnya pasir pantai, Pantai Pok Tunggal ini juga mempunyai keindahan yang luarbiasa dikala sunset.
Perpaduan antara pohon Duras yang menjadi Icon dan warna jingga dari langit dikala sunset menjadi spot sangat intsagramable untuk diabadikan.
Masih kagak percaya?
Coba lihat aja gambar Pantai Pok Tunggal sunset di bawah ini!
Wisatajogja; Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!

Wisatajogja; Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!


2. Camping
Setelah menikmati indahnya sunset di sini, akan lebih asyik lagi kalau menginap sekalian. Mendirikan tenda untuk camping, duduk mengelilingi api unggun di pinggir pantai sambil bebakaran ikan.
Suasana menyerupai ini sangat Cihuyyy… untuk mengisi liburan anda dikala berkunjung di wisata panta Jogja.
Jika anda beruntung, dimalam hari biasanya akan muncul Milky Way, biasanya milky way Nampak mulai sekitar jam 2 pagi hingga jam 4 pagi. Ini sanggup terlihat kalau  langit dalam keadaan cerah dan tidak ada Bulan.
Info ini menurut pengalaman pribadi aku sebab sudah beberapa kali menjumpai milky way di wilayah Pantai Gunung Kidul dikala sedang mancing diatas karang. 

Lokasi dan Rute Pantai Pok Tunggal

Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kidul, Gunung Kidul, atau kalau ditempuh memakai kendaraan hanya berjarak 15 menit saja dari Pantai Indrayanti.
Atau kalau perjalanan anda dari Kota Jogja perjalanan memakan waktu sekitar 2 Jam hingga 2,5 Jam sebab itu tergantung kepadatan kemudian lintas jalan.
Rute Pantai Pok Tunggal kalau dari Kota Jogja paling gampang kalau dimulai dari Titik Nola tau dari Kantor Pos Besar.
Dari Kantor Pos Besar pribadi ke arah timur dan melalui Jl. Jogja – Wonosari sehabis hingga Bundaran (Proliman) ambil arah kanan melalui Jl. Kyai Legi => Jl. Krt. Judodiningrat => kemudian ikuti petunjuk arah semoga lebih mudah.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Tiket Masuk Rp. 10.000 /org
Kalu ingin camping tapi tidak punya tenda sanggup  Sewa Tenda Dome
Dengan harga sewa Rp. 60.000 /tenda
Sewa Payung Rp. 20.000 /payung


Sumber https://www.marmans.com/